Senin, 05 November 2012

Ramalan Suku MAya Tentang Kiamat 2012


PRAKATA

Sejak dulu kala, ramalan soal kiamat silih berganti muncul. sebagian dari prediksi itu kemudian terpatahkan karena ternyata sampai waktu yang dimaksud bumi masih aman-aman saja.belakangan ini kencang terdengar bumi bakal musnah pada 21 Desember 12. yang paling santer adalah ramalan dari suku maya.

Dalam sejarah peradaban kuno dunia, bangsa maya mendiami wilayahSelatan Meksiko sekarang (Yucatan) Guatemala, bagian utara Belize, dan bagian barat Honduras dikenal menguasai pengetahuan tentang ilmu falak yang mendalam, sistem penanggalan yang sempurna, serta perhitungan yang rumit. Ilmu astronomiMaya kuno ini merupakan pencapaian inteletual yang tertinggi dibandingkan dengan geometri mesir kuno atau filosofi Yunani.

berdasarkan astronomi MAya, Michael D. Coe dalam Buku The Maya (1996)menyebutkan tanggal 24 Desember 2011 sebagai hari dimana bangsa maya percaya seluruh peradaban manusia akan musnah. NAmun, beberapa belas tahun kemudian Jose Arguelles dalam bukunya The MAyan FActor (1975) meralat tesis Coe. Arguelles berpendapat peradaban manusia berakhir pada tanggal 21 Desember 2012.

Hitung-hitungan ini didasarkan pada sistem kalender hitung panjang (long count) atau Winaq May Kin milik suku maya. Kalender hitung panjang ini mencakup sekitar 5.200 tahun periode surya yang disebut satu matahari oleh bangsa maya.  Kalau dikmonverensi ke dalam kalender Gregorian yang kita pakai menjadi 5.125 tahun. Pasalnya dalam perhitungan suku maya satu tahunterdiri atas 360 hari, sedangkan Gregorian terdiri  atas 365 hari. Awal kalender hitung panjang ini adalah pada 11 agustus 3113 SM ( Sebelum Masehi) menurut penanggalan Gregorian. Menurut perhitungan, kalender Maya akan berakhir 5.125 tahunkemudian ataupada atanggal 21 desember 2012.
Dihari itu, berdasarkan telaahnya terhadap kalender maya, Arguelles mengatakan bumi akan mengalami penyelarasan galaksi (Sesuatu yang terjadi tiap 26.00 tahun sekali). Pada waktu itu, tata surya dengan matahari sebagai pusatnya akan menutupi pemandanganpusat galaksi Bimaksaktidari bumi. Menurut Arguelles, pada periode ini bumi akan menjalani proses “ Pemurnian total”.

Sumber : Johane Arifin Wijaya.


3 komentar: